MACAM-MACAM PERMAINAN BOLA BASKET

Marking (menempel bola)

Waktu :

2-4 menit (setiap anggota pasangan mempunyai kesempatan yang samauntuk melakukan kegiatan semua peran)

Tujuan :

  • Pemanasan otot besar,tendon,dan ligamenserta mempersiapkan tubuh untuk latian kelenturan atau kegiatan kegiatan yang lebih berat berikutnya
  • Menggunakan beragam gerak lokomotor untuk mempraktikan ketngkasan dan keseimbangan kusus untuk permainan bola baskat
  • Berjasama sama dengan siswa lain untuk melakukan peran dan berganti peran selama kegiatan
  • Mempelajari konsep bertahan sederhana tentang menjaga jarak dengan pemain bertahan

Deskripsi:

    1. pasang pasangan para siswa menurut ukuran dan kemampuan tentukan dalam tiap pasangan yang ditunjuk sebagai rekan satu dan rekan 2,mintalah setiap pasangan menyebar ke setiap ruangan
    2. jelaskan ,“kalau saya katkan,’mulai’rekan satu harus mulai melakukan gerak atau ketrampilan yang saya intruksikan. Rekan dua harus melakukan gerak yang sama, sambil tetap menjaga jarak dari rekan 1 saat kalian mendengar suara peluit, semua harus berhenti dengan jumpstop dengan dua kaki. Kemudian rekan 2 harus mencoba meraih dan menyentuh rekan 1. setiap rekan 2 berhasil menyentuh temanya dia mendapat 1 angka. “ rekan 1 mempraktekkan gerakan dinamis seperti menghindar, zigzag, dan mengelak.

Tepukan Dribel Tercepat

Waktu :

2 – 3 menit (cukupuntuk mngulangi beberapa kali)

Tujuan :

  1. pemanasan otot besar, tendon dan ligamen serta mempersiapkan tubuh untuk pelatian kelunturan atau kegiatan-kegiatan yang lebih berat berikutnya.
  2. mempraktekkan keterampilan mendribel dalam situasi yang menyerupai permainan bola basket.
  3. mengenal keadaan yang mendesak dan kompetisi ringan.

Peralatan :

1 bola untuk semua siswa

Deskripsi :

  1. mintalah semua pemain bergerak di separuh lapangan mendribel sambil mencoba menepuk pemain-pemain lain dan menghindar agar tidak ditepuk. Pemain yang berhasil ditepuk harus keluar dan pindah keluar dari separuh lapangan dan mendribel mengelilingi setengah lapangan dengan menggunakan tangan kidal. Yang terakhir bertahan di dalam lapangan permainan adalah pemenangnya.
  2. jika dua pemain saling tertangkap pada saat yang bersamaan, kedua pemainya harus keluar. Jika seorang pemain kehilangan kontrol bola atau keluar garis dia harus keluar.
  3. untuk memperpanjang permainan dan membuat semua pemain aktif dan tertarik, anda dapat mendaur ulang permainan yang sudah tertepuk.

Dribel jatuh bangun

Waktu:

3-5 menit

Tujuan:

  1. mempraktikan gerakan drible sambil memeriksa sekitar
  2. melatih kewaspadaan terhadap lingkungan sekitar
  3. bertanding sebagai tim sambil berusaha mencapai satu tujuan bersama

peralatan:

satu bola tiap anak;10-15 pacang kerucut atau botol air mineral

deskripsi:

1.pada masing masing separuh lapangan basket, letakkan pacang pacang kerucutdengan jumlah yang samadengan posisi berdiri bagi para pemain menjadi dua tim

2.saat anda memberi aba aba para pemain tim 1 mendrible mendribel bola, sementara tangan kidalnya merobohkan kerucut kerucut sebanyak mungkin. Jika pemain kehilangan konyrol bola,dia harus mengembalikan kerucut keposisi sebelum mengambil dan mendrible bola lagi.

3.pemain-pemain 2 mendrible,sementara tangan kidalnya mengembalikan kerucut-kerucut ke posisi berdiri. Jika pemain kehilangan kontrol bola,dia harus mengembalikan kerucut sebelum mengambil dan mendrible bola lagi.

4.setelah 30 detik beri aba-aba berhenti. Berikan satu angka pada satu tim 2 untuk masing-masing kerucut yang masih berdiri. Kedua tim berganti posisi dan bermain lagi. Ingatlah untuk memberi giliran yang sama pada masing-masing tim.

RANGKAIN OLAH BOLA

Waktu:

5-7 menit

Tujuan:

1.pemanasan ototbesar,tendon dan ligamen serta persiapan tubuh untuk latian kelenturan atau kegiatan-kegiatan yang lebih berat berikutnya

2.mempraktik berbagai gerak permainan basket

3.mempraktikan ketrampilan kontrol dan olah bola dengan langkah cepat

4.merasakan keberhasilan dan mencoba tantangan tingkat tingkat ketrampilan saat ini

Peralatan:

Satu bola sesuai usia dan ukuran untuk masing-masing anak

Deskripsi:

  1. katakan pada setiap siswa,”ambil bola,cari tempat and mulai gerakan bolaan mengelilingi pinggang berlawanan arah jarum jam sepert ini”. Peragakan cara menggiring bola setelam para siswa melakukan gerakan bola 5-10 detik atau beberapa putaran katakan “ganti arah”dan beri contoh gerakan bola searah jarum jam.
  2. sekarang katakan ,”liat gerakan saya seterusnya kemanapun saya pergi di dalam olah raga di dalam ruangan ini

Berebut pulau

Waktu:

5-6 menit

Tujuan:

  1. pemanasan sebelum kegiatan yang menyenangkan,menarik,dan berbasis ketrampilan
  2. belajar melihat seluruh lapangan ,mengantisipasi, dan merespon gerak pemain-pemain lain
  3. fokus pada berbagai ketrampilan drible

Peralatan:

Bola dan halopan (sebagai pulau)untuk setiap pemain,cd musikatau kasetdengan interval acak,mesin pemutar cd atau kaset dapat memutar musik,anda dapat melakukan kegiatan ini dengan menggunakan aba-ab ucapan dan peluit alih-alih memutar dan menghentikan musik

Deskripsi:

  1. kegiatan inimirip dengan “kursi musik”intruksikan pada para pemain meletakkan halupan di lantai(halupan-halupan harus di sebar keseluruh rusngan)dan mulai mendrible di dalam halupan.putar musik
  2. ambil satu halupan atau lebih(seperti pemain kursi musik)saat pemain mendrible masuk keluar halupan menis drible pada endrible dengan tngan kidal ubah jenis drible pada waktu tang tepat
  3. dengan abab dari anda atau pada saat musik berhenti semua pemain harus mencari halupan menginjakkan satu kaki pada halupan dan melakukan tantangan drible di dalam halupan dengan satu kaki di dalam dan satu kaki di luar.pemain yang tidak brhasil menginjak kehalupan harus melakukan tantangan drible berikutnya pada saat musik berhentidan kemudian mereka dapat mengikuti kegiatan lagi(dengan cara ini tidak ada pemain yang dikeluarkan dan tidak kebagian halupan tetap mempunyai bermain dan tidak dianggap sebagai pecundang)
  4. saat musik dimulai atau aba-aba di berikan, mendrible diskitar halupan dimulai lagi.

Tarian drible

5-10 menit untuk masing –masing tiga pelajaran

Tujuan:

  1. mengembangkan ketrampilan-ketrampilanmendribel
  2. bekerjasama dengan rekan
  3. mengembangkan ketrampilan berpikir kreatif dan kritis
  4. melakukan beberapa ketrampilan dalam satu rangkaian

Peralatan:

Satu bola,kertas,pensil,dan daftar cek keaktivanuntuk setiap siswa(pra siswa juga akan membuat daftar untuk menilai hasil latihannya sendiri).

Deskripsi:

  1. 1. pasangan-pasangan siswa-siswa yang memiliki kemampuan dribel yng sama dan intruksinya mereka untuk menciptakan gerak drible pendek rutin dengan rekannya. Tekankan kepada mereka untuk kreatif dan kerjasama. Dengan menggunakan kertas dan pensil,masing-masing rekan harusmenulis gerak-gerak kreasinya menjadi serangkaian gerak dalam daftar cek mereka. Kemudian mereka harus menunjukan daftarnya kepada guru atau penonoton kemudian menunjukan kreasinya.
  2. 2. tunjukan secara singkat beberapa poin pemecahan masalah untuk kegiatan ini, meliputi hal-hal berikut tetapi masih bisa dikembangkan
  • gunakan tiga ketrampilan atau lebih(bagian gerak drible harus menggunakan setidaknya tiga macam ketrampilan)
  • gunakan kedua tangan secara seimbang
  • gunakan delapan hitungan (atau ketukan)untuk setiap ketrampilan
  • sertakan drible di tempat (sebagai tantangan tambahan,tambahan rekan sebagai cermin;gerak,atau posisi gerak antar pemain, seprti mengarahkan dan mengikuti dan berganti ganti jenis drible)
  • tambahan tantangan drible untuk pemain tingkat mahir seperti mendrible melalui dua kaki mengelilingi punggung
  • tambahan tantangan mengumpan yaitu saling bertukar bola dengan rekan selama melakukan kegiatan .
About these ads

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.