Gerakan Headstand & Handstand

1. Berdiri dengan Kepala (Headstand) Berdiri dengan kepala

adalah sikap tegak dengan bertumpu pada kepala dan ditopang oleh kedua tangan.

·         Sikap permulaan membungkuk bertumpu pada dahi dan tangan. Dahi dan tangan  membentuk segitiga sama sisi.

·         Angkat tungkai ke atas satu per satu bersamaan. Untuk menjaga agar badan tidak mengguling ke depan, panggul ke depan, dan punggung membusur.

·         Berakhir pada sikap badan tegak, dan tungkai rapat lurus ke atas.

Kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan : saat melakukan

headstand yaitu: :

a. Penempatan kedua tangan dan kepala tidak  membentuk titik-titik segitiga sama sisi.

b. Kekakuan pada leher, sendi bahu, perut, pinggang, dan paha.

c. Otot-otot leher, sendi bahu, perut, pinggang, dan paha kurang kuat.

d. Akibat dari poin b dan c diatas menyebabkan kurangnya koordinasi dan keseimbangan e. Alas dasar/lantai tempat kepala bertumpu terlalu keras sehingga menimbulkan rasa

sakit.

f. Terlalu cepat/kuat pada saat menolak

g. Sikap tangan yang salah, yaitu jari tangan tidak menghadap kedepan

Cara memberi bantuan dalam gerakan headstand yaitu : Karena panggul menjadi titik berat yang utama dalam bentuk sikap berdiri dengan kepala, maka bantuan yang utama adalah :

·         Mengangkat dan menarik panggul

·         Menopang panggul bagi pelaku yang dapat memindahkan panggul kedepan

·         Memegang dan menahan kedua kaki pelaku, pegang pada ujung pergelangan kaki dan belakang paha atau panggul

2. Berdiri Atas Tangan (Handstand)

Cara melakukan gerakan handstand yaitu:

·         Berdiri tegak kaki diceraikan ke muka dan belakang.

·         Bungkukkan badan, tangan menumpu selebar bahu, lengan lurus, pandangan agak ke depan, pantat diangkat setinggi-tinginya, tungkai ke depan bengkok, sedang tungkai belakang lurus.

·         Ayunkan tungkai belakang ke atas diikuti tungkai  yang lain.

·         Kedua tungkai rapat clan lurus, membentuk satu garis dengan badan dan lengan.

·         Pertahankan keseimbangan

Kesalahan-kesalahan yang sering terjadi saat melakukan gerakan handstand yaitu :

·         Pinggang terlalu melenting

·         Kepala kurang menengadah

·         Siku-siku bengkok

·         Penempatan tangan dilantai kurang atau terlalu lebar.

·         Arah jari tangan tidak kedepan dan jari tangan terlalu rapat

·         Ayunan kaki keatas kurang baik (terlalu atau kurang kedepan dan lutut diobengkokkan) g. Pada saat melemparkan kaki keatas bahu mundur kebelakang dan kepala kurang menengadah

·         Menegangkan otot leher, bahu atau pinggang, sehingga menghambat gerakan.

·         Kurang usaha mempertahankan sikap

·         handstand untuk beberapa saat, sehingga cepat roboh.

Waktu roboh melepaskan tangan tumpuan atau tidak menekuk kepala (untuk mengguling ke depan).

Cara memberikan bantuan

handstand yaitu:

·         Menopang/menahan panggul, belakang paha, kedua pergelangan kaki, dan bahu si pelaku.

·         b. Bantuan dengan menopang pada bahu dilakukan untuk pelaku yang bahu, lengan, dan tangannya belum cukup kuat.

·         c. Bagi siswa yang belum dapat atau sukar melempar/mengayun satu kaki ke atas, dapat dilakukan pada tembok dengan dibantu mengangkat satu kaki.

About these ads

20 Komentar

  1. docstok.com/docs/2885745/kebugaran-jasmani-x

  2. wah ak nyoba handstand selalu gagal we… >.< mesti jatuh.. pdhl dh sandaran ke tembok… kepalanya jg jd pusing… sy nyoba itu karena buat nglatih kekuatan otot bahu saya….

  3. terus berusaha saja! pasti bisa ^_^

  4. sarimi isi duaa sarimi sarimi isi duuuaaaa

  5. pas di coba qoq sakit. jatuh” trus….takutnya nnti cidera. gmna menghindari cideranya?????

    • kalo gk mau cidera belajar di kasur yang tebalnya 7cm tapi jgn yg empuk kasur nya entar mlh susah

  6. apa sih tujuan dari melakukan headstand?

  7. kira kira lamanya blajar handstand berapa tahun?

  8. susah ya ngelakuin handstand??

  9. belajar hanstand gampang kok. pertama kamu harus belajar push ap dgn posisi kepala di bawah dan kaki di atas bersandar pada dinding. naik turun dgn posisi wajah mencium lantai,lakukan minimal 5-10kali. ke dua stand pakai tangan 1 dan tahan beberapa detik. latihlah selama seminggu. setelah kamu tinggal latihan jalan pakai tangan.untuk pemula cari lantai yg datar. aku sendiri masih belajar cuma sanggup jalan 30m/lantai datar.

  10. makasih banyak :3

  11. gue udeh lancar banget kalo ditembok tapi kalo tanpa tembok jatoh terus . kenapa yaaa ?

  12. GW GK BS NIH

  13. gw gk bsa” nie ,, klo nyoba handstand pasti tangan nya gk kuat ,, malahan jadi hadstand..

  14. saya handstand gk bs bertahan lma, tp lumayan lah, yg pntg saat jatuh, posisi jari kaki bag dalam yg duluan mendarat, silahkan mencoba jatoh nya dulu deh, seru kok, awasi sama partner saat mencoba jatoh nya,..

  15. Kalo berjalan pakai tangan gimana caranya?????

  16. okre

  17. susah lakuin handstand pling lama 5detik soalnya lagi posisi tegak kaki suka goyang jadi nggak bisa nahan jadi suka jatoh

  18. Salam kenal Gan
    manfaat utamanya Headstand itu apa yaa?
    mau tau ni gan. adakah baju senam terbaru untuk senam yoga di Surabaya?

  19. bola tangkas

    Gerakan Headstand & Handstand | Rosy46nelli’s Blog


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.