TIPS & TRIK MENAIKKAN & MENURUNKAN BERAT BADAN

TIPS & TRICKS, Gain Muscle and Loose Fat

Bagi kita yang menjalani Fitness Lifestyle, banyak orang berpikir, kita adalah “makhluk aneh”, kata mereka “Lo tuh freak yaa…!”. So, saya balas mereka, “who are you to give a fuss about it?” (sapa lo, peduliin urusan gua?), saya tidak bermaksud kasar sama mereka, which is biasanya tuh mereka itu teman-teman baik saya, yang memang masih belum memiliki kesadaran untuk have a better quality of life. But, then again, kita juga hanya menjalani apa yang terbaik dalam kehidupan kita, sama seperti mereka. Berbeda pandangan, bukan berarti membuat kita tidak berteman ‘kan.


Bagi beberapa orang yg bertanya kepada saya, “Ada gak sih tips atau trik supaya saya bisa gampang mengikuti cara-cara hidup sehat?” Saya dengan senang hati malah menjawab, “Oh ok, saya ada tips dan trik, bukan hanya supaya kamu bisa hidup sehat, tapi lebih bagus lagi, buat cowok, saya bisa bantu kamu punya otot yang terlihat lebih bagus, lebih terdefinisi, dan tentu saja, loose that extra fat on your belly, dan buat cewek, siap-siap aja utk punya perut seperti Britney Spears (saat masih perawan tentunya, hehehe)”.


The Workout :

1. Mana lebih baik, cardio atau beban? Hey, lakukan keduanya saja. Semua harus seimbang. Jangan pilih2. Latihan hanya cardio mungkin membakar kalori lebih banyak, tapi ingat, bakar lemak sekarang, bukan berarti bakar lemak nanti. Apa yg terbakar saat cardio, hanya terbakar saat cardio. Sedangkan latihan beban, mungkin membakar kalori lebih sedikit dari pada cardio, tapi dengan bertambahnya muscle di badan, metabolisme tubuh akan naik drastis, dan hasilnya, orang yang berotot dapat makan lebih banyak, dapat makan sedikit lebih *jorok* dan tentu saja, saat diam pun, tubuhnya membakar lemak2 yg ada di pinggiran perutnya. Begitu juga sebaliknya, Latihan Beban saja, kurang efektif utk orang yg memiliki lemak masih banyak, karena stok lemak yg masih banyak, hanya akan menutupi otot2 yg sudah susah payah anda buat. Yang ada, anda akan makin berbentuk seperti pesumo, berotot, tapi juga berlemak banyak. Masih ingat kan melihat member gym yang angkatannya kuat, latihannya teknik nya bagus, tapi lemaknya gak habis2 padahal sudah 3 thn nge-gym disitu. Itu semua karena dia tidak pernah bakar kalori dengan cardio.

2. Latihan beban makin lama makin bagus. Lho, anda ini atlet aerobik atau sekedar fitness utk bentuk otot? Kalau latihan beban terlalu lama, otot anda akan mencari sumber energi dari sel otot lain. Kanibal? Betul. Dan itu bagusnya anda hindari, kecuali anda gak masalah fitness 3-4 tahun tapi tetep di panggil si ceking oleh temen samping meja kantor anda. Latihan yg berat, intensif dan fokus, selama 45-60menit saja, sangat cukup. Jika pun, level anda meningkat, jangan sampai lebih dari 90 menit. Untuk apa juga? Ingat, latihan hanya menstimulasi / merangsang pertumbuhan otot saja. Otot mengembang dan bertumbuh saat latihan sudah selesai. Bukan saat berlangsung. Jangan tertipu dengan otot yg mengembang saat latihan, itu hanya aliran darah dan cairan tubuh yang memberikan otot oksigen dan bahan bakar agar bisa melewati latihan dengan baik.

3. Otot yg kurang, harus dilatih 3-4x seminggu. Klasik, otot dada anda kurang besar, selama belum bisa menyaingi Arnold, atau Ronnie Coleman, otot dada anda akan selalu terlihat kecil di kaca. Lihat sisi positifnya, anda tidak perlu memakai “beha” kan kalo otot nya tidak terlalu besar. Ingat sekali lagi, otot tumbuh saat istirahat, bukan saat latihan. Bayangkan otot dada anda seperti salah satu pilar gedung yang ingin di pugar menjadi lebih besar. Kalo sebentar2 di bobok, kapan dimulai pembangunannya? Bagi atlet yg sudah berpengalaman pun, maksimal 2x seminggu utk melatih 1 bagian otot. Tapi ingat, ANDA BUKAN ATLET, karena itu, please jangan coba2 deh. Bagi Anda yg memang selama ini latihan 1bagian otot, 2x seminggu, dan bisa berhasil, good, berarti tubuh anda responsif. Ga ada salahnya mencobanya, misalnya latih otot dada anda senin dan kamis. Tp jika sudah 1bln anda coba, otot dada anda tidak ada perubahan, kenapa tidak di coba juga, selang latihan otot dada dibuat menjadi 5-7 hari. Dengan begitu, memberikan wkt lebih bnyak utk otot dada anda beristirahat dan bertumbuh.

4. Kalo mau JADI, latihan 7x seminggu. Duuh, kalo memang gitu, kapan anda bisa kumpul sama keluarga, kapan anda bisa kerja cari duit utk bayar membership dan suplemen yg akan anda beli? Maksimal 5x seminggu, dengan catatan, sesuaikan jadwal anda juga. Minimal? Hmmm, dari pada gak latihan sama sekali, tentu saja 1-2x pun kita harus sukuri.

The Nutrition :

1. Makan 3x sehari aja, soalnya sibuk kerja di kantor. Siapa yg nggak sih? Sesibuk2nya kita, sy rasa makan 1tangkup roti sandwich isi ikan tuna atau fillet dada ayam, plus sayuran dan tomat, bisa dong, ga sampe 10 menit tuh. Tubuh bukan mobil, yg di isi bensin sebanyak2 nya, terus bisa dipake jalan terus2an sampe habis lagi. Tubuh akan *nyetok* makanan berlebih yang kita makan. Akhirnya, jangan heran kalo ada lipatan atau gumpalan lemak di pinggir perut, di lengan atas, dan paha yg makin besar seperti Nutty Professor. Makan 3x sehari, fine aja, tapi jangan lupa, better small but frequent meal dari pada 1x makan, porsi 3x orang. Jangan heran dengar orang yg makan 6-7x sehari, karena yg dimakan adalah makanan rendah kalori, tinggi serat, jadi dikit, tapi bikin kenyang. Buah Apel, Pir, sayuran, lalapan, itu targetnya. Lauknya? Pilih yg protein tinggi, rendah lemak (setidaknya dipilih dari yg berlemak banyak, sampai yg berlemak sedikit). Rendang? Boleh aja, tp tanpa bumbu. Ayam kari? Boleh aja, tapi kulit dibuang, dan tanpa kuah. Bakwan udang goreng? Nah, yg itu pinggirkan deh.

2. Kalau mau berbadan besar, makan harus banyak. Benar dan salah. Benar, karena tanpa kalori yg cukup (terlalu berhati2 dalam memilih makanan) membuat tubuh tidak bisa bertumbuh karena kekurangan kalori. Salah, karena kalori yg masuk jangan sembarang kalori, terlalu banyak karbohdirat dan lemak, tidak akan bikin otot dada, sayap dan kaki lebih besar, melainkan lemak perut bertambah banyak.

3. SUMBER utama pembentukan otot adalah protein. Benar dan salah. Benar, karena tanpa protein, tubuh tidak bisa memperbaiki sel2 otot yg rusak, tidak bisa membuat sel-sel baru yang lebih besar, lebih kuat dan lebih banyak. Protein adalah bahan baku utama utk pembentukan otot. Salah, karena protein *tunggal* juga tidak berfungsi maksimal, karena prioritas tubuh adalah energi, tanpa energi yang cukup tubuh tidak akan melakukan pembangunan dan perbaikan. Karena itu, karbohidrat dan lemak juga tetap dibutuhkan, tapi dalam jumlah yang seimbang dan proporsional.

4. Vitamin dan mineral tidak begitu penting karena mikro nutrisi. SALAH TOTAL. Vitamin dan mineral adalah katalis, semua reaksi kimia yg terjadi didalam tubuh, membutuhkan vitamin dan mineral yg cukup untuk terjadi reaksi yang optimal. Kekurangan vitamin B dan mineral sodium akan membuat otot cepat keram. Kekurangan vitamin C akan membuat tubuh gampang terkena infeksi virus. Kekurangan vitamin D jg akan menghambat penyerapan kalsium yg penting utk kekuatan tulang. Jadi, cari multi vitamin mineral yg basic, setidaknya anggap suplemen vitamin dan mineral adalah asuransi kesehatan jangka panjang, akan berguna saat anda tidak menyadarinya.

Sekali lagi, tidak ada yg mudah utk mencapai hasil yang bagus, tapi selalu ada jalan yg lebih mudah untuk mencapainya. Cari jalan itu, temukan, dan JALANKAN. Banyak orang sudah tahu apa yg harus dilakukan, tapi tidak dilakukan. Banyak orang yg hanya bisa TALK the WALK, dan tidak bisa WALK the TALK. Yang manakah Anda? It’s up to you. For me, I’m just living my life to the fullest.

2 Komentar

  1. yang lebih mudah n cpet g da ta lih

  2. push-up adalah latihan yang tepat untuk pembentukan otot bagian atas.


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s