FASE-FASE PERKEMBANGAN MANUSIA

  1. Prenatal (sebelum lahir) atau pralahir

Masa ini merupakan masa perkembangan awal manusia dari proses konsepsi atau pembuahan hingga masa kelahiran. Umumnya ibu mengandung selama 9 bulan 10 hari.

  1. Masa Natal

Masa natal ini terdiri atas:

    1. Infancy atau neonatus (dari lahir sampai 14 hari)

Fase ini merupakan fase penyesuaian terhadap lingkungan. Pada masa ini, bayi mengalami masa tenang dan tidak banyak terjadi perubahan.

    1. Masa bayi (antara 2 minggu sampai 2 tahun)

Bayi di sini tidak berdaya dan sangat bergantung pada lingkungan. Dengan adanya perkembangan, lama-kelamaan bayi mulai berusaha melepaskan diri dan mulai belajar berdiri sendiri. Hal ini dimungkinkan karena tubuhnya menjadi lebih kuat, dan ia menguasai gerakan-gerakan ototnya. Jadi masa ini dimulai pada masa ketika anak sangat bergantung pada lingkungan dan kemudian karena perkembangan anak mulai berusaha menjadi lebih independen.

    1. Masa anak (2-10 atau 11 tahun)
  • Anak prasekolah (usia 2-5 tahun)

Pada masa ini juga disebut sebagai usia emas, sebab perlakuan orang tua dan orang dewasa lain disekitarnya sangat menentukan proses perkembangan anak-anak untuk fase-fase berikutnya. Pada usia ini anak sudah mulai matang secara fisik, emosi dan kognitif. Perkembangan otonomi cukup pesat yang ditandai dengan munculnya kemauan sendiri.

  • Anak usia sekolah (usia 5 atau 6 tahun-12 tahun)

Masa ini merupakan masa  perkembangan intelektual. Keterampilan motorik terutama motorik halus seperti menulis jauh lebih baik dari fase sebelumnya.

3.   Masa Remaja (11/12-20/21 tahun)

Masa remaja adalah masa peralihan atau masa transisi dari anak menuju dewasa. Masa remaja terbagi lagi dalam berikut ini:

  1. Praremaja (11/12-13/14 tahun)

Praremaja ini mempunyai masa yang sangat pendek, kurang lebih hanya satu tahun. Untuk wanita, 11/12-12/13 tahun; untuk laki-laki, 12/12-13/14 tahun. Dikatakan juga sebagai fase negatif. Fase yang sukar untuk anak dan orang tua. Perkembangan fungsi-fungsi tubuh, terutama seks, juga mengganggu.

  1. Remaja awal (13/14-17 tahun)

Perubahan-perubahan fisik terjadi sangat pesat dan mencapai. puncaknya. Ketidakseimbangan emosional dan ketidakstabilan dalam banyak hal terdapat pada masa ini. Ia mencari identitas diri karena pada masa ini, statusnya tidak jelas. Pola-pola hubungan sosial mulai berubah.

  1. Remaja lanjut (17-20/21 tahun)

Dirinya ingin selalu menjadi pusat perhatian; ia ingin menonjolkan diri; caranya lain dengan remaja awal. Ia idealis, mempunyai cita-cita tinggi, bersemangat dan mempunyai energi yang besar. Ia berusaha memanatapkan diri, dan ingin mencapai ketidaktergantungan emosional.

4.   Dewasa

Fase dewasa ini terbagi lagi atas berikut ini:

  1. Dewasa awal (21-40 tahun)

Tahap ini adalah masa penyesuaian terhadap pola-pola hidup baru, dan

harapan mengembangkan sifat-sifat, nilai-nilai yang serba baru. Ia diharapkan menikah, mempunyai anak, mengurus keluarga, membuka karier, dan mencapai satu prestasi.

  1. Dewasa menengah (40-60 tahun)

Tahapan dewasa menengah merupakan masa transisi, masa menyesuaikan kembali, masa equilibrium-disequilibrium. Masa yang ditakuti karena mendekati masa tua. Wanita disini kehilangan kesanggupan reproduksi. Ada yang menyatakan bahwa masa ini adalah masa bahaya bagi pria dan wanita.

  1. Masa tua ( usia lebih dari 60 tahun)

Pada masa ini manusia hidup dari apa yang dibangunnya. Kemunduran jasmani dan rohani mulai terlihat dan tanggung jawab juga sudah mulai berkurang.

SUMBER BUKU

Hurlock,Elisabeth B.1990.Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan.Terjemahan oleh Istiwidayanti,dkk.Jakarta:Erlangga.

http://nconsultant.blogspot.com

1 Komentar

  1. lumayan dengan layanan ini, sangat membantu dalam penyelesaian tugas saya, semoga tetap eksis


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s