DEFINISI PERTUMBUHAN, PERKEMBANGAN, KEMATANGAN, DAN PENUAAN

By   : Galih Rosy

Off  : PJKR REG A 2007

Pengertian Pertumbuhan :

Pertumbuhan adalah Perubahan alamiah secara kuantitatif pada segi jasmaniah / fisik dan menunjukkan kepada suatu fungsi tertentu yang baru dari organisme/ individu.
Pertumbuhan ( Growth ) adalah berkaitan dangan masalah perubahan dalam besar, jumlah ukuran atau dimensi tingkat sel, organ maupun individu, yang bisa diukur dengan ukuran berat ( gram, pound ) ukuran panjang ( cm, inchi ), umur tulang dan keseimbangan metabolik ( retensi kalsium dan nitrogen tubuh).

Contoh : Bertambah tinggi, bertambah berat badan dan tumbuhnya kelenjar-kelenjar sex

Pengertian Perkembangan :

Perkembangan ( Development ) adalah bertambahnya kemampuan (skill) dalam struktur dan fungsi tubuh yang lebih kompleks dalam pola yang teratur dan dapat diramalkan, sebagai hasil dari proses pematangan. Perkembangan menyangkut adaanya proses difrensiasi dari sel-sel tubuh, jaringan tubuh, organ-organ dan sistem organ yang berkembang sedemikian rupa sehingga masing-masing dapat memenuhi fungsinya. Termasuk perkemabngan emosi, intelektual dan tingkah laku sebagai hasil interaksi dengan lingkungan.

Perkembangan disini di artikan sebagai perubahan yang dialami oleh individu atau oganisme menuju tingkat kedewasaannya (matury) yang berlangsung secara sistematis, progresif, dan berkesinambungan baik fisik maupun psikis.

Pertumbuhan dan perkembangan berjalan menurut norma-norma tertentu, walaupun demikian seorang anak dalam banyak hal tergantung kepada orang dewasa misalnya mengenai makanan, perawatan, bimbingan, perasaan aman, pencegahan penyakit dsb. Oleh karena itu semua orang yang mendapat tugas untuk mengawasi anak harus mengerti persoalan anak yang sedang tumbuh dan berkembang.

Contoh : Sikap perasaan dan emosi, minat, cita-cita dan kepribadian seseorang

Oleh: Ns. Andi Yudianto

 

Pengertian Kematangan :

Kematangan atau masa peka menunjukkan kepada suatu masa tertentu yang merupakan titik kulminasi (titik puncak) dari suatu fase pertumbuhan sebagai titik tolak kesiapan dari suatu fungsi untuk menjalankan fungsinya. (Hurlock, 1956)

 

Pengertian Penuaan :

Penuaan adalah konsekuensi yang tidak dapat dihindarkan. Menua (menjadi tua) adalah suatu proses menghilangnya secara perlahan-lahan kemampuan jaringan untuk memeperbaiki diri/mengganti dan mempertahankan fungsi normalnya sehingga tidak dapat bertahan terhadap infeksi dan memperbaiki kerusakan yang diderita (Constantindes, 1994)

Proses menua bukan merupakan suatu penyakit, melainkan suatu masa atau tahap hidup manusia, yaitu; bayi, kanak-kanak, dewasa, tua, dan lanjut usia. Orang mati bukan karena lanjut usia tetapi karena suatu penyakit, atau juga suatu kecacatan.

Akan tetapi proses menua dapat menyebabkan berkurangnya daya tahan tubuh dalam nenghadapi rangsangan dari dalam maupun luar tubuh. Walaupun demikian, memang harus diakui bahwa ada berbagai penyakit yang sering menghinggapi kaum lanjut usia.

Proses menua sudah mulai berlangsung sejak seseorang mencapai usia dewasa. Misalnya dengan terjadinya kehilangan jaringan pada otot, susunan saraf, dan jaringan lain sehingga tubuh mati sedikit demi sedikit.

Sebenarnya tidak ada batas yang tegas, pada usia berapa penampilan seseorang mulai menurun. Pada setiap orang, fungsi fisiologis alat tubuhnya sangat berbeda, baik dalam hal pencapain puncak maupun menurunnya.

 

18 Komentar

  1. nuan ngampor………….

    • Ngetiknya peke bahasa indonesia dOnk, emAngnya nIch di kAmpunG????
      cHape dEch………………..!!!!!!

      • halah mand bahasa.y adjha ug .. gtu d.permasalahind ,,

  2. makasih yaa…
    saya mrasa trbantu..

  3. definisi dari klorosis apa?

  4. makasiih yaaa, artikelnya membantu saya 😀

  5. gan tolong di cantumkan menurut siapa-siapanya (para ahlinya )

  6. Ad mksh y bAng, ,
    tgas aqW jd kbntU SM artIKel yG aBang bwt. . !
    Tp bsa d cANTumkn gk. . P’beDaAN DRi p’tmbuhan p’kmbANgan mauPUn dr kmatangan it sendri?

  7. terima kasih atas infonya…

  8. thanks ya…
    aku jadi tau
    🙂

  9. Thanks infonya, jadi prepare buat ulangan nanti deh, thanks yah kak, tapi blum lengkap, posting yang lengkapnya dong kak, thanks,

  10. Thank info nya..
    Klaw bsa info nya lbh lnGkp lgi..

  11. thanks , kliping ku jadi lengkap . thankies thankies .

  12. sangat bagus mengenai defenisinya tapi bagi penulis, tolong dibuatkan perbedaan keempat definisi itu. terimakasih!

  13. makasih ea atas info.y ini que ma temen temen que ke bantu n tugas harian qta jdi lebih dapet nilai yg bagus bagus nd sx lgy trima kasih ea ….

  14. If you want to watch new as well as streaming adult video clips, check out the brand new free web site at: xxx18 Releasing Soon!

  15. thanks,, gant…….

  16. mantap nicHh artikel .a


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan komentar